Teknik dan Strategi Pemasaran

TEKNIK DAN STRATEGI  PEMASARAN

 TINJAUAN UMUM

 Setelah mempelajari modul ini pesra dapat memahami teknik dan strategi pemasaran, dimana teknik dan strategi pemasaran, dimana teknik dan strateginya menjadi acuan pengusaha dalam berusaha.

 TINJAUAN KHUSUS

1. Menjelaskan tujuan dan teknik strtegi pemasaran.

2. Menjelaskan prinsip pemasaran.

3. Menjelaskan kegiatan pemasaran.

4. Memahami perencanaan  pemasaran.

5. Memahami kiat  pemasaran.

 

PEMAHAMAN PEMASARAN

Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen    ( probe ), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen ( product ), menentukan tingkat harga ( price ), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen   ( Promotion ), mendistribusikan produk ketempat konsumen ( place )

 

A. Perencanaan Pemasaran

    Beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu :

  1. Penentuan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan
  2. Memilih Pasar Sasaran Khusus ( special target market )
  3. Menempatkan Starategi Pemasaran dalam Persaingan
  4. Pemilihan Strategi Pemasaran

B. Strategi Pemasaran

 1.    Penelitian dan Pengembangan Pasar ( Probe )

Keunggulan bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan       (  diferinsiasi ) perusahaan tersebut dengan pesaingnya

 2.      Produk ( Product )

1)    Tahap Pengembangan

2)      Tahap Pengenalan

3)    Tahap Pertumbuhan Penjualan

4)    Tahap Kematangan.

5)    Tahap Kejenuhan

6)    Tahap Penurunan

3 Tempat ( Place )

Tempat    yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling strategis, menyenangkan dan efisien.

 4. Harga ( Price )

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan harga yang menarik bagi konsumen.

Strategi Pemasaran : Bagi Usaha Baru

Penetrasi Pasar adalah startegi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang- barang dan jasa- jasa yang sudah ada dengan memperbesar usaha- usaha penjualan dan  penjualan.

Staretegi  Pengembangan Pasar mencoba meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk barang dan jasa yang ada kepada pasar baru.

Strategi Pengembangan Produk mencoba meningkatkan penjualan dengan memeperkenalkan produk dan jasa baru kepada pasar yang sudah ada.

Segmentasi Pasar merupakan strategi pemasaran yang sanagt terkenal bagi usaha yang baru.

5.  Promosi

Promosi merupakan cara berkomunikasi kan barang- barang dan jasa yang akan ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli

 

C. KIAT  PEMASARAN : Bagi Usaha Baru

1)      Cari Peluang Pasar, Langkah yang dilakukan untuk melihat ada atau tidak adanya peluang pasar yang dituju.

2) Tempat yang Tepat, Cari tempat memasarkan barang yang cocok.

3) Banyaknya barang yang dibutuhkan

4) Tentukan target apa yang hendak kita capai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>